Pengenalan dan Kustomisasi Perangkat Keras pada Sistem Operasi Windows 10

Secara umum, perangkat komputer terbagi menjadi 3 bagian yaitu hardware, software, daaan brainware. Perangkat keras (hardware) komputer adalah alat-alat dari komputer yang dapat dilihat, disentuh, atau berwujud/berbentuk untuk mendukung kinerja dari komputer itu sendiri. Dan kali ini saya akan membahas mengenai pengenalan dan pengaturan perangkat keras pada sistem operasi Windows 10.

Sebelum kita melakukan kustomisasi, kita perlu melihat spesifikasi komputer kita dengan cara memunculkan DXDIAG komputer kita seperti gambar dibawah ini

13

Memunculkan DXDIAG dapat dilakukan dengan menuliskan kata kunci “DXDIAG” pada search windows. DXDIAG akan menampilkan beberapa informasi seperti sistem operasi, processor, dan RAM yang digunakan.

Selanjutnya kita akan melakukan kustomisasi pada berbagai perangkat keras pada komputer, seperti :

  1. Keyboard

Untuk melakukan pengaturan pada keyboard komputer, kita masuk ke control panel dengan cara klik start dan ketikkan “control panel” lalu tekan enter. Setelah masuk ke menu utama control panel, ketik “keyboard” pada kolom search dan klik pada tulisan keyboard.

22

Setelah itu akan muncul jendela keyboard properties yang memiliki tab Speed dan Hardware

  • Pada tab “Speed” terdapat menu “Character Repeat” dan “Cursor Blink Rate”. Menu “Character Repeat” berfungsi untuk mengatur jeda waktu pengulangan huruf dengan kecepatan rendah (repeat delay) atau dengan kecepatan tinggi (repeat rate). Sementara menu “Cursor Blink Rate” berfungsi untuk mengatur kecepatan kedipan kusor.
  • Pada tab hardware secara umum berisi tentang device keyboard yang tersambung pada komputer. Selain itu, tab ini juga dapat mengecek apakah keyboard masih berjalan lancar atau tidak.

2. Mouse

Sama seperti pengaturan keyboard, pengaturan mouse pun terdapat pada menu control panel. Setelah masuk ke menu utama control panel, ketik “mouse” pada kolom search dan klik pada tulisan mouse.

21

Setelah itu akan ditampilkan jendela Mouse Properties. Ada beberapa pilihan tab, yakni Button, Pointers, Pointer options, Wheel, dan Hardware.

  • Tab Buttons

Fungsi pertama dari tab button ini ialah “Button Configuration” dimana kita dapat memilih “Right handed” atau “Left handed”. Jika kita memilih “Right handed” maka sebagaimana umumnya klik kiri akan memberi perintah pada komputer sedangkan klik kanan akan menaampilkan pop up option/properties. Jika kita memilih “Left handed” fungsi tersebut akan berbalik. Fungsi kedua dari tab button ini ialah “Double Click Speed” dimana kita dapat mengatur kecepatan double click untuk memilih suatu folder. Fungsi ini akan terasa gunanya saat kita menghapus dan mengetik pada komputer.

3

  • Tab Pointers

Pada tab ini, kita dapat mengganti tampilan kursor. Selain gambar bawaan windows, kita juga dapat mengganti dengan gambar kursor kita sendiri melalui menu “Browse”.

4

  • Tab Pointer Options

Pada tab ini memiliki beberapa fungsi seperti mengatur kecepatan pointer pada layar (Motion), mengatur penempatan posisi pointer (Snap to), dan mengatur visibilitas pointer (visibility).

5

3. Printer

Untuk melakukan kutomisasi pada menu printer, kita kembali membuka menu utama control panel. Ketik “Device and Printer” pada kolom search dan klik pada tulisan Device and Printer. Pada jendela Device and Printer akan menampilkan printer apa saja yang aktif.

17

4. Sound

Untuk melakukan kutomisasi pada menu sound, kita kembali membuka menu utama control panel. Ketik “Sound” pada kolom search dan klik pada tulisan Sound. Selanjutnya akan muncul jendela Sound Properties yang memperlihatkan speakers yang aktif dari komputer.

6

Terdapat beberapa pengaturan pada jendela Sound Properties ini, seperti pengaturan bass speaker, enhancement, dan sound volume pada tab “Playback”, pengaturan konfigurasi hardware microphone pada tab “Recording”, pengaturan mengenai suara spesifikasi klik, start sound, dan efek-efek suara pada tab “Sound”, serta pengaturan adjustment device ketika menerima komunikasi pada tab “Communication”. Selanjutnya kita dapat melihat properties dari speakers dengan cara klik pada bagian “speakers” pada tab “playback” lalu klik “properties”. Lalu akan muncul jendela Speakers Properties dengan beberapa tab seperti : General, Custom, Levels, Enhancement, dan Advanced.

 

5. Video Graphic Adapter (VGA)

Untuk melihat spesifikasi VGA pada komputer, kita kembali membuka kotak dialog DXDIAG. Pada tab “Display” kita dapat melihat spesifikasi VGA pada komputer kita.

18

6. Screen Resolution

Untuk memunculkan jendela “Screen Resolution”, kita harus mengklik kanan pada desktop, kemudian klik display setting dan klik Advanced Setting. Setelah itu akan muncul jendela “Screen Resolution” seperti pada gambar di bawah ini.

12

7. Network Connections

Selanjutnya, untuk melakukan kustomisasi network kita kembali membuka menu utama control panel. Ketik “Network” pada kolom search dan klik pada tulisan Network and Sharing Center. Akan muncul jendela baru, dan klik menu “Change Adapter Setting”. Setelah muncul jendela Network Connection, double click pada icon “Ethernet”. Akan muncul jendela Ethernet Properties. Pada bagian “Connect Using” akan terlihat spesifikasi LAN card.

19

8. Harddisk

Untuk melihat spesifikasi harddisk, klik kanan pada harddisk dan pilih properties.

20

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s