Eksplorasi Sistem Operasi Android

Sistem operasi adalah perangkat lunak komputer atau software yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras dan juga operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah data yang bisa digunakan untuk mempermudah kegiatan manusia. Sistem Operasi dalam bahasa Inggrisnya disebut Operating System, atau biasa disingkat dengan OS.

Android adalah sistem operasi berbasis Linux yang dirancang untuk perangkat bergerak layar sentuh seperti telepon pintar dan komputer tablet. Berikut adalah panduan eksplorasi cara membuat (create new folder), menghapus (delete), menggandakan (copy), memindahkan (paste), merubah nama (rename), dan kompresi suatu file/folder baru serta penjelasan beberapa utility apps yang umumnya terdapat pada suatu sistem operasi android.

24

Pada saat aplikasi file manager Android diaktifkan, tampilan awal aplikasi ini pada umumnya menampilkan isi dari kartu memori (SD Card) HP atau tablet android yang digunakan. Berikut ini adalah contoh tampilan aplikasi file manager.

  1. Membuat Folder Baru

Secara garis besar untuk dapat membuat folder baru dapat dilakukan dengan menentukan tempat dimana anda akan membuat folder baru lalu menekan tombol more kemudian pilih create folder.

  1. Menggandakan (Copy) dan Menyalin (Paste) File Android

Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan copy dan paste file pada system operasi android :

  • Buka folder tempat dimana file yang akan digandakan disimpan. Kemudian beri tanda centang pada file atau beberapa file yang akan digandakan.

28

  • Pilih menu more dan pilih copy

29

  • Tentukan tempat dimana file tersebut akan disalin (paste)

30

  • Pilih menu done
  • File tersebut pun akan tersalin di dalam folder baru

  1. Menghapus file

Untuk mengapus suatu file, anda perlu memilih file tertentu dengan cara menekan sedikit lama pada file tersebut kemudian pilih menu delete.

  1. Merubah nama file

Untuk merubah nama suatu file, anda perlu memilih file tertentu dengan cara menekan sedikit lama pada file tersebut kemudian pilih menu more dan pilih rename.

  1. Kompresi File pada Android

Tidak hanya pada OS Windows, kita juga bisa mengcompress file pada smartphone yang memiliki OS Android. Tujuan dari mengkompresi suatu file yaitu agar ukuran file dapat menjadi lebih kecil dari ukuran aslinya. Kita bisa mengcompress file secara langsung tanpa membutuhkan aplikasi tambahan yang biasanya dalam bentuk Zip atau kita juga bisa mendownload aplikasi tambahan dari Play Store.  Beriku adalah langkah-langkah untuk mengcompress file :

  • Pilih RAR pada menu.Lalu akan terlihat tampilan seperti ini.
  • Pilih folder yang berisi file yang akan di compress lalu tandai file-file yang ingin dicompress

38

  • Tap icon “add file to archive”.  Lalu akan keluar tampilan seperti berikut yang akan memberikan pilihan format untuk file yang akan di compress menjadi ZIP atau RAR, memecah hasil kompresi file, dan memberi password  pada  hasil kompresi file –> Klik “OK”.

39

Berikut ini adalah beberapa utility apps yang umumnya terdapat pada suatu system android :

  1.  Kalkulator   40

Fasilitas ini memungkinkan pengguna dalam memudahkan proses penghitungan. Dalam penggunaannya hanya dengan memasukkan bilangan yang diinginkan dan faktor-faktor operasi.

44

  1. Perakam Suara (Voice Recorder)   41

Voice recoder memungkinkan kita untuk dapat merekam/menangkap suara yang kemudian dapat disimpan. Penggunaannya hanya denganmenekan tombol “Play” > proses perekaman berlangsung > hentikan dengan tombol “Stop”.

45

  1. Kalender (S Planner)   42

Fasilitas S Planner ini tidak hanya berisi mengenai tanggal/bulan/tahun, melainkan melalui fasilitas ini kita dapat melakukan beberapa pengaturan seperti jadwal (agenda), memo, maupun sebagai pengingat akan hal-hal penting (reminder).

Untuk Pengaturan Agenda, dapat kita lakukan dengan menentukan tanggal di kalender lalu mengklik  (+) pada bagian kanan bawah > masukkan judul tugas > tentukan tanggal jatuh tempo > atur pengingat, prioritas, dan catatan yang sesuai dengan rencana kita, lalu klik simpan.

  1.  Jam (Clock)    43

Fasilitas jam pada handphone mempermudah kita untuk mengtahui waktu, selain itu kita juga dapat melakukan pengaturan untuk beberapa fungsi lain yaitu alarm, waktu dunia, stopwatch, dan timer.

Alarm merupakan salah satu bentuk pengingat waktu untuk hal tertentu dalam bentuk suara. Untuk pengaturan alarm dapat dilakukan dengan beberapa langkah sebagai berikut:

Pada tab “Alarm” > klik membuat alarm (add) > atur waktu yang diinginkan > pilih hari pengulangan > atur jenis bunyi alarm > simpan.

Pengaturan jam dunia memungkinkan kita untuk mengetahui waktu pada kota/lokasi/belahan dunia lain. Cara pengaturannya adalah :

Pada tab “Jam Dunia” > klik tambah kota > pilih kota yang kita inginkan > simpan.

Stopwatch memungkinkan pengguna untuk mengetahui waktu yang digunakan untuk melakukan suatu kegiatan tertentu. Penggunaannya: pada tab “Stopwatch” > klik mulai> waktu akan berjalan > klik berhenti.

52

Timer juga merupakan salah satu fasilitas pengingat yang memungkinkan pengguna mengetahui waktu yang tersisa dalam melaksanakan suatu kegiatan. Penggunaanya: pada tab “Timer” > atur waktu yang diinginkan > klik mulai > waktu berjalan mundur > klik berhenti.

53

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s