PERANGKAT LUNAK : APLIKASI PENGOLAH KATA

Perangkat lunak pengolah kata adalah perangkat lunak aplikasi yang digunakan untuk membuat tulisan di komputer. Berbagai macam bentuk tulisan atau dokumen yang sdapat dibuat dengan menggunakan program pengolahan kata antara lain: surat, laporan, buku, buletin, poster, brosur, majalah, dan lain sebagainya.

79

Dan berikut ini adalah penjelasan mengenai beberapa fitur yang tersedia namun banyak yang belum mengetahuinya. Seperti Mail Merge, Page Number, Daftar Isi, Equation, dan Auto Text.

  • MAIL MERGE

Mail merge atau surat masal bertujuan untuk mempermudah pengguna saat ini ingin mengirim surat dengan isi serupa namun alamat serta nama penerima yang berbeda-beda. Berikut adalah langkah-langkah membuat sebuah mail merge.

  1. Kita buat dulu naskah utama dokumen yang ingin dibuat. Misalnya dengan format nama, alamat, dan perihal.

54

  1. Kemudian kita jalankan mail merge wizard dengan cara klik menu Mailings kemudian klik Start Mail Merge lalu pilih Step by Step Mail Merge Wizard.

55

  1. Akan muncul wizard di sebelah kanan. Pada step pertama kita pilih document types Letters lalu klik tombol Next di bagian bawah wizard.
  2. Pada step kedua pilih User The Curent Document. Kemudian klik Next.
  3. Pada step ketiga ini kita pilih Type A New List. Kemudian klik Create.
  1. Akan muncul kotak dialog baru, disinilah kita akan mengisi data nama dan alamat untuk surat. Secara default, nama kolom sudah terbentuk. Namun untuk penyesuaian kita dapat membuat kolom baru dengan klik Costumize Columns.

59

  1. Kemudian hapus semua field names yang ada. Kemudian buat kembali Column dengan format yang dinginkan. Dan jika sudah terbentuk kolom yang baru isikan data sesuai dengan yang akan dimasukkan ke surat nanti, seperti nama dan alamat. Lalu klik OK.

6061

  1. Simpan file tersebut sebagai daftar baru.

62

  1. Pilih Use An Existing List pada Select Recipient kemudian klik Next.

63

  1. Pilih More Items untuk memasukkan item tertentu pada daftar baru satu persatu.

6465

  1. Bila sudah semua, user dapat mengklik simbol panah kanan atau kiri untuk menggilir daftar yang sudah dibuat.

  • PAGE NUMBER

Untuk membuat halaman dengan format yang berbeda-beda sering kali digunakan fitur Section. Section akan sangat berguna terutama saat ingin membuat daftar isi. Setelah kita membuat Section barulah kita membuat memasukkan nomor halaman. Berikut adalah langkah-langkah membuat Section dan Page Number.

  1. Buka Microsoft Office Word.
  2. Buka menu Page Layout.
  3. Pilih Breaks lalu pilih Next Page.

66

  1. Untuk menampilkan nomor halaman kita buka menu Insert.
  2. Pilih Page Number lalu pilih dimana kita ingin meletakkan nomor halaman pada dokumen.

67

  1. Bila ingin melakukan kostumisasi format halaman untuk tiap bagian dokumen, kembali ke menu Insert kemuadian Page Number lalu pilih Format Page Number.
  1. Lakukan kostumisasi halaman yang diinginkan lalu klik OK.

  • DAFTAR ISI

Daftar isi adalah elemen terpenting dalam sebuah karya ilmiah, tesis, ataupun skripsi. Dari halaman inilah pembaca atau penguji akan terbantu ketika mencoba menemukan nomor halaman untuk bahasan tertentu. Berikut adalah langkah-langkah membuat daftar isi secara otomatis.

  1. Buka dokumen yang akan ditambahkan daftar isi.
  2. Pada bagian Judul Bab yang ingin dimuat dalam daftar isi berikan Heading 1 dan pada bagian Sub Bab berikan Heading 2 dan seterusnya.

7071

  1. Bila sudah, buka menu References lalu pilih Table of Content.

7273

  1. Pilih yang Automatic untuk mengaktifkan fitur penomoran daftar isi secara otomatis.

  • EQUATION

Equation adalah salah satu fitur di microsoft word yang memungkinkan pengguna membuat suatu rumus matematika ataupun rumus ilmu lainnya. Berikut adalah langkah-langkah membuat Equation.

  1. Buka Microsoft Office Word.
  2. Pilih menu Insert lalu pilih Equation atau klik pada tanda panah kecil pada Equation lalu pilih Insert New Equation.

74

75

  1. Masukkan equation yang dibutuhkan. Pengguna dapat membuat rumus pembagian dengan menu Fraction, rumus perpangkatan dengan menu Script, rumus pengakaran dengan menu Radical, rumus pengintegralan dengan menu Integral, Notasi Sigma, fungsi Limit, fungsi Trigonometri dan lain sebagainya.

  • AUTO TEXT

Auto Text adalah  sebuah fitur yang dapat memunculkan kata ataupun frasa yang sering kali dibutuhkan saat mengetik dokumen. Hal ini akan mempercepat kinerja pengguna karena pengguna tidak perlu mengetik hal yang sama berulang kali seperti alamat institusi. Berikut adalah langkah-langkah membuat Auto Text.

  1. Buka Microsoft Office Word.
  2. Ketik suatu frasa atau kalimat bahkan paragraf yang ingin dijadikan auto text lalu block.
  3. Pilih menu Insert lalu pilih Quick Parts lalu pilih AutoText dan pilih Save Selection to Auto Text Galery.

76

  1. Masukkan info terkait Auto Text yang akan dibuat bila sudah klik OK.

77

  1. Auto Text tersebut dapat diakses dengan membuka Quick Parts lalu pengguna dapat melihat Auto Text yang sudah dibuat. Cara memasukkannya yakni dengan mengklik Auto Text tersebut.

78

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s