PERANGKAT LUNAK : APLIKASI PENGOLAH DATA

Microsoft Excel adalah sebuah program dari Microsoft Office yang mempunyai fungsi pengolah data berupa perhitungan dan grafik. Program ini memungkinkan penggunanya untuk membuat lembar kerja spreadsheet dengan berbagai fitur kalkulasi akurat dan mudah dioperasikan.

80

Microsoft Office Excel memang dikenal dengan penggunaan rumus-rumus atau formula dalam lembar kerjanya. Penggunaan rumus yang efektif akan memudahkan dalam membuat laporan pekerjaan dengan Microsoft Excel. Khusus kali ini, saya tidak akan membahas secara rinci mengenai berbagai rumus atau formula yang dapat dioperasikan pada Microsoft Excel. Namun saya hanya akan mencoba mengerjakan sebuah soal dengan mengoperasikan rumus penjumlahan dan perkalian dengan menggunakan Microsoft Excel.

Contoh Soal :

Suatu pajak kendaraan bermotor dirumuskan dengan perhitungan sebagai berikut :

  1. Tahun 2005 pajak yang dibebankan kepada A sebesar Rp 1.250.000, sedangkan B Rp 825.000.
  2. Setiap tahunnya pajak tersebut bertambah sebesar 8% dari tahun sebelumnya untuk A dan 5% untuk B.
  3. Hitunglah besarnya pajak mulai tahun 2005 sampai dengan tahun 2012

Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah membuat tabel dengan format seperti pada gamabr berikut.

81

Untuk mengetahui besarnya pajak yang harus dikeluarkan si A pada tahun 2006 kita menggunakan rumus

Pajak = (8% x pajak tahun sebelumnya ) + pajak tahun sebelumnya

Atau pada Microsoft Excel kita dapat menuliskan rumus

=(C2+(8%*C2)) kemudian tekan ENTER, dimana C2 adalah sel yang berisi informasi besarnya pajak pada tahun sebelumnya

82

Dan untuk mengetahui besarnya pajak yang harus dikeluarkan si B pada tahun 2006 kita dapat menggunakan rumus

=(C3+(5%*C3)) kemudian tekan ENTER, dimana C3 adalah sel yang berisi informasi besarnya pajak pada tahun sebelumnya

83

Kemudian untuk mengetahui besarnya pajak yang dikeluarkan si A pada tahun-tahun selanjutnya kita cukup memblok sel yang telah berisi rumus opertaor penjumlahan dan perkalian tersebut, lalu arahkan kursor ke pojok kanan bawah sel. Tunggu hingga kursor berubah menjadi ikon (+). Setelah itu, klik dan tahan lalu drag dan geser ke kanan. Dengan demikian kita telah meng-copy rumus tadi dan telah disesuaikan perubahannya untuk kolom yang akan dijumlahkan dan dikalikan lagi. Begitupun yang dilakukan untuk mengetahui besarnya pajak yang harus dikeluarkan si B pada tahun-tahun selanjutnya.

84

85

86

Selanjutnya untuk mengubah format sel ke dalam bentuk rupiah, pada tab “Number” yang biasanya berisi sub “General”, kita klik tanda panah bawah lalu pilih “Accounting”.

8788

Selanjutnya untuk mengetahui jumlah besarnya pajak yang dikeluarkan si A dan si B mulai dari tahun 2005 hingga tahun 2012 kita dapat menuliskan rumus sebagai berikut :

=SUM(C2:J2), kemudian tekan ENTER, dimana C2 adalah besarnya pajak pada tahun 2005 dan J2 adalah besarnya pajak pada tahun 2012 bagi si A.

89

Begitu pula cara yang kita lakukan untuk mengetahui jumlah besarnya pajak bagi si B mulai dari tahun 2005 hingga tahuun 2012.

90

PERANGKAT LUNAK : APLIKASI PENGOLAH KATA

Perangkat lunak pengolah kata adalah perangkat lunak aplikasi yang digunakan untuk membuat tulisan di komputer. Berbagai macam bentuk tulisan atau dokumen yang sdapat dibuat dengan menggunakan program pengolahan kata antara lain: surat, laporan, buku, buletin, poster, brosur, majalah, dan lain sebagainya.

79

Dan berikut ini adalah penjelasan mengenai beberapa fitur yang tersedia namun banyak yang belum mengetahuinya. Seperti Mail Merge, Page Number, Daftar Isi, Equation, dan Auto Text.

  • MAIL MERGE

Mail merge atau surat masal bertujuan untuk mempermudah pengguna saat ini ingin mengirim surat dengan isi serupa namun alamat serta nama penerima yang berbeda-beda. Berikut adalah langkah-langkah membuat sebuah mail merge.

  1. Kita buat dulu naskah utama dokumen yang ingin dibuat. Misalnya dengan format nama, alamat, dan perihal.

54

  1. Kemudian kita jalankan mail merge wizard dengan cara klik menu Mailings kemudian klik Start Mail Merge lalu pilih Step by Step Mail Merge Wizard.

55

  1. Akan muncul wizard di sebelah kanan. Pada step pertama kita pilih document types Letters lalu klik tombol Next di bagian bawah wizard.
  2. Pada step kedua pilih User The Curent Document. Kemudian klik Next.
  3. Pada step ketiga ini kita pilih Type A New List. Kemudian klik Create.
  1. Akan muncul kotak dialog baru, disinilah kita akan mengisi data nama dan alamat untuk surat. Secara default, nama kolom sudah terbentuk. Namun untuk penyesuaian kita dapat membuat kolom baru dengan klik Costumize Columns.

59

  1. Kemudian hapus semua field names yang ada. Kemudian buat kembali Column dengan format yang dinginkan. Dan jika sudah terbentuk kolom yang baru isikan data sesuai dengan yang akan dimasukkan ke surat nanti, seperti nama dan alamat. Lalu klik OK.

6061

  1. Simpan file tersebut sebagai daftar baru.

62

  1. Pilih Use An Existing List pada Select Recipient kemudian klik Next.

63

  1. Pilih More Items untuk memasukkan item tertentu pada daftar baru satu persatu.

6465

  1. Bila sudah semua, user dapat mengklik simbol panah kanan atau kiri untuk menggilir daftar yang sudah dibuat.

Continue reading

Eksplorasi Sistem Operasi Android

Sistem operasi adalah perangkat lunak komputer atau software yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras dan juga operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah data yang bisa digunakan untuk mempermudah kegiatan manusia. Sistem Operasi dalam bahasa Inggrisnya disebut Operating System, atau biasa disingkat dengan OS.

Android adalah sistem operasi berbasis Linux yang dirancang untuk perangkat bergerak layar sentuh seperti telepon pintar dan komputer tablet. Berikut adalah panduan eksplorasi cara membuat (create new folder), menghapus (delete), menggandakan (copy), memindahkan (paste), merubah nama (rename), dan kompresi suatu file/folder baru serta penjelasan beberapa utility apps yang umumnya terdapat pada suatu sistem operasi android.

24

Pada saat aplikasi file manager Android diaktifkan, tampilan awal aplikasi ini pada umumnya menampilkan isi dari kartu memori (SD Card) HP atau tablet android yang digunakan. Berikut ini adalah contoh tampilan aplikasi file manager.

  1. Membuat Folder Baru

Secara garis besar untuk dapat membuat folder baru dapat dilakukan dengan menentukan tempat dimana anda akan membuat folder baru lalu menekan tombol more kemudian pilih create folder.

  1. Menggandakan (Copy) dan Menyalin (Paste) File Android

Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan copy dan paste file pada system operasi android :

  • Buka folder tempat dimana file yang akan digandakan disimpan. Kemudian beri tanda centang pada file atau beberapa file yang akan digandakan.

28

  • Pilih menu more dan pilih copy

29

  • Tentukan tempat dimana file tersebut akan disalin (paste)

30

  • Pilih menu done
  • File tersebut pun akan tersalin di dalam folder baru

  1. Menghapus file

Untuk mengapus suatu file, anda perlu memilih file tertentu dengan cara menekan sedikit lama pada file tersebut kemudian pilih menu delete.

  1. Merubah nama file

Untuk merubah nama suatu file, anda perlu memilih file tertentu dengan cara menekan sedikit lama pada file tersebut kemudian pilih menu more dan pilih rename.

  1. Kompresi File pada Android

Tidak hanya pada OS Windows, kita juga bisa mengcompress file pada smartphone yang memiliki OS Android. Tujuan dari mengkompresi suatu file yaitu agar ukuran file dapat menjadi lebih kecil dari ukuran aslinya. Kita bisa mengcompress file secara langsung tanpa membutuhkan aplikasi tambahan yang biasanya dalam bentuk Zip atau kita juga bisa mendownload aplikasi tambahan dari Play Store.  Beriku adalah langkah-langkah untuk mengcompress file :

  • Pilih RAR pada menu.Lalu akan terlihat tampilan seperti ini.
  • Pilih folder yang berisi file yang akan di compress lalu tandai file-file yang ingin dicompress

38

  • Tap icon “add file to archive”.  Lalu akan keluar tampilan seperti berikut yang akan memberikan pilihan format untuk file yang akan di compress menjadi ZIP atau RAR, memecah hasil kompresi file, dan memberi password  pada  hasil kompresi file –> Klik “OK”.

39

Berikut ini adalah beberapa utility apps yang umumnya terdapat pada suatu system android :

  1.  Kalkulator   40

Fasilitas ini memungkinkan pengguna dalam memudahkan proses penghitungan. Dalam penggunaannya hanya dengan memasukkan bilangan yang diinginkan dan faktor-faktor operasi.

44

  1. Perakam Suara (Voice Recorder)   41

Voice recoder memungkinkan kita untuk dapat merekam/menangkap suara yang kemudian dapat disimpan. Penggunaannya hanya denganmenekan tombol “Play” > proses perekaman berlangsung > hentikan dengan tombol “Stop”.

45

  1. Kalender (S Planner)   42

Fasilitas S Planner ini tidak hanya berisi mengenai tanggal/bulan/tahun, melainkan melalui fasilitas ini kita dapat melakukan beberapa pengaturan seperti jadwal (agenda), memo, maupun sebagai pengingat akan hal-hal penting (reminder).

Untuk Pengaturan Agenda, dapat kita lakukan dengan menentukan tanggal di kalender lalu mengklik  (+) pada bagian kanan bawah > masukkan judul tugas > tentukan tanggal jatuh tempo > atur pengingat, prioritas, dan catatan yang sesuai dengan rencana kita, lalu klik simpan.

  1.  Jam (Clock)    43

Fasilitas jam pada handphone mempermudah kita untuk mengtahui waktu, selain itu kita juga dapat melakukan pengaturan untuk beberapa fungsi lain yaitu alarm, waktu dunia, stopwatch, dan timer.

Alarm merupakan salah satu bentuk pengingat waktu untuk hal tertentu dalam bentuk suara. Untuk pengaturan alarm dapat dilakukan dengan beberapa langkah sebagai berikut:

Pada tab “Alarm” > klik membuat alarm (add) > atur waktu yang diinginkan > pilih hari pengulangan > atur jenis bunyi alarm > simpan.

Pengaturan jam dunia memungkinkan kita untuk mengetahui waktu pada kota/lokasi/belahan dunia lain. Cara pengaturannya adalah :

Pada tab “Jam Dunia” > klik tambah kota > pilih kota yang kita inginkan > simpan.

Stopwatch memungkinkan pengguna untuk mengetahui waktu yang digunakan untuk melakukan suatu kegiatan tertentu. Penggunaannya: pada tab “Stopwatch” > klik mulai> waktu akan berjalan > klik berhenti.

52

Timer juga merupakan salah satu fasilitas pengingat yang memungkinkan pengguna mengetahui waktu yang tersisa dalam melaksanakan suatu kegiatan. Penggunaanya: pada tab “Timer” > atur waktu yang diinginkan > klik mulai > waktu berjalan mundur > klik berhenti.

53

Pengenalan dan Kustomisasi Perangkat Keras pada Sistem Operasi Windows 10

Secara umum, perangkat komputer terbagi menjadi 3 bagian yaitu hardware, software, daaan brainware. Perangkat keras (hardware) komputer adalah alat-alat dari komputer yang dapat dilihat, disentuh, atau berwujud/berbentuk untuk mendukung kinerja dari komputer itu sendiri. Dan kali ini saya akan membahas mengenai pengenalan dan pengaturan perangkat keras pada sistem operasi Windows 10.

Sebelum kita melakukan kustomisasi, kita perlu melihat spesifikasi komputer kita dengan cara memunculkan DXDIAG komputer kita seperti gambar dibawah ini

13

Memunculkan DXDIAG dapat dilakukan dengan menuliskan kata kunci “DXDIAG” pada search windows. DXDIAG akan menampilkan beberapa informasi seperti sistem operasi, processor, dan RAM yang digunakan.

Selanjutnya kita akan melakukan kustomisasi pada berbagai perangkat keras pada komputer, seperti :

  1. Keyboard

Untuk melakukan pengaturan pada keyboard komputer, kita masuk ke control panel dengan cara klik start dan ketikkan “control panel” lalu tekan enter. Setelah masuk ke menu utama control panel, ketik “keyboard” pada kolom search dan klik pada tulisan keyboard.

22

Setelah itu akan muncul jendela keyboard properties yang memiliki tab Speed dan Hardware

  • Pada tab “Speed” terdapat menu “Character Repeat” dan “Cursor Blink Rate”. Menu “Character Repeat” berfungsi untuk mengatur jeda waktu pengulangan huruf dengan kecepatan rendah (repeat delay) atau dengan kecepatan tinggi (repeat rate). Sementara menu “Cursor Blink Rate” berfungsi untuk mengatur kecepatan kedipan kusor.
  • Pada tab hardware secara umum berisi tentang device keyboard yang tersambung pada komputer. Selain itu, tab ini juga dapat mengecek apakah keyboard masih berjalan lancar atau tidak.

2. Mouse

Sama seperti pengaturan keyboard, pengaturan mouse pun terdapat pada menu control panel. Setelah masuk ke menu utama control panel, ketik “mouse” pada kolom search dan klik pada tulisan mouse.

21

Setelah itu akan ditampilkan jendela Mouse Properties. Ada beberapa pilihan tab, yakni Button, Pointers, Pointer options, Wheel, dan Hardware.

  • Tab Buttons

Fungsi pertama dari tab button ini ialah “Button Configuration” dimana kita dapat memilih “Right handed” atau “Left handed”. Jika kita memilih “Right handed” maka sebagaimana umumnya klik kiri akan memberi perintah pada komputer sedangkan klik kanan akan menaampilkan pop up option/properties. Jika kita memilih “Left handed” fungsi tersebut akan berbalik. Fungsi kedua dari tab button ini ialah “Double Click Speed” dimana kita dapat mengatur kecepatan double click untuk memilih suatu folder. Fungsi ini akan terasa gunanya saat kita menghapus dan mengetik pada komputer.

3

  • Tab Pointers

Pada tab ini, kita dapat mengganti tampilan kursor. Selain gambar bawaan windows, kita juga dapat mengganti dengan gambar kursor kita sendiri melalui menu “Browse”.

4

  • Tab Pointer Options

Pada tab ini memiliki beberapa fungsi seperti mengatur kecepatan pointer pada layar (Motion), mengatur penempatan posisi pointer (Snap to), dan mengatur visibilitas pointer (visibility).

5

3. Printer

Untuk melakukan kutomisasi pada menu printer, kita kembali membuka menu utama control panel. Ketik “Device and Printer” pada kolom search dan klik pada tulisan Device and Printer. Pada jendela Device and Printer akan menampilkan printer apa saja yang aktif.

17

Continue reading

Sepuluh Rasa Es Krim Unik Khas Indonesia

Es krim adalah salah satu dessert yang dapat dinikmati oleh semua kalangan. Teksturnya yang lembut dan rasanya yang manis tentu menjadi alasan mengapa banyak orang yang menyukai es krim. Ditambah lagi dengan tersedianya beberapa variasi rasa seperti coklat, vanilla, dan juga stroberi. Seiring berjalannya waktu, variasi rasa es krim pun semakin berkembang. Bahkan kini ada juga lho es krim dengan variasi rasa yang unik dan pastinya khas Indonesia banget. Seperti rasa nasi uduk, pisang goreng, dan temulawak.  Unik bukan ?

Yupsss ! Es krim dengan rasa unik khas Indonesia itu kini tersedia di Kedai Es Krim Eskimomo dan juga kedai Gusto Gelato and Coffe. Di tangan-tangan kreatif pemilik toko inilah tercipta es krim dengan rasa khas rempah-rempah Indonesia. Indonesia memang terkenal dengan beragam rempah-rempah. Kondisi tanahnya pun memungkinkan rempah-rempah dapat tumbuh subur. Dengan menjadikan rempah-rempah sebagai citarasa baru dalam es krim tentu saja semakin memperkenalkan kekayaan alam Indonesia kepada dunia. Continue reading

Belajar Membuat Blog

Ini adalah pengalaman pertama saya membuat blog pribadi. Menurut saya, di dunia yang sudah semakin modern ini berbagi cerita apapun melalui blog merupakan hal sangat lumrah, mudah, dan menyenangkan. Untuk itu, saya ingin membagi tips mengenai cara membuat blog. Khusus kali ini saya menggunakan wordpress.com.

wordpress-icon-nyekrip
Berikut adalah langkah-langkah membuat blog di wordpress :

Pertama yang harus kita lakukan adalah menuju web WordPress di  https://id.wordpress.com/ , klik tombol ” Buat Situs Web ” maka akan mengantarkan kita pada halaman pemilihan nama domain atau blog.

Blog WordPress yang gratis, alamat blognya akan selalu berakhir dengan “.wordpress.com“. Nama domain yang dipilih tidak dapat diubah, sedangkan nama blog yang dipilih pada tahap ini masih dapat diubah nantinya. Maka dari itu pemilihan nama domain dalam membuat blog menggunakan wordpress harus disiapkan secara matang.

Continue reading